Jumat, 25 Juli 2008

Home » » Promosi Weblog

Promosi Weblog

Memiliki sebuah weblog tanpa pengunjung, sama saja seperti buku deary usang yang tak terpakai. Ketika anda selesai membuat sebuah weblog, berarti mulai saat itu anda harus mau membukakan pintu bagi para pengunjung. Akan tetapi bagaimana blog tersebut akan didatangi pengunjung? jika anda sendiri sebagai pengelolanya tak mau mengenalkannya pada orang lain. Promosi blog sangat penting anda lakukan, apa lagi content di weblog anda mengarah pada bisnis pemasaran.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mempromosikan blog anda adalah dengan mengunjungi beberapa komunitas blogger. Saya sarankan anda segera bergabung dalam mailing list atau di IRC, agar dapat menjalin komunikasi dengan para blogger. Hal ini sebenarnya bertujuan untuk menambah teman baru anda, dengan harapan mereka akan berkunjung ke blog anda. Setahu saya di Indonesia ada dua mailing list blogger yaitu: Bloggerian dan Blogbugs. Kalau di IRC punya tiga channel blogger (di dalnet) yaitu: #Blogger, #Bloggerian, dan #Bloggerz.

Setelah anda bergabung pada mailing list dan IRC, segera daftarkan blog anda ke search engine (mesin pencari). Kebanyakan orang akan mencari informasi yang mereka butuhkan melalui search engine. Jadi jika anda telah mendaftarkan weblog anda pada mesin pencari tersebut, ada kemungkinan orang-orang akan mengunjungi weblog anda, di karenakan mereka telah menemukan kata kunci yang terindeks dari search engine mengenai situs anda. Untuk mendaftarkan weblog anda pada mesin pencari (search engine), saya sangat merekomendasikan kedua alamat URL di bawah ini:

Okey, mungkin itu dulu tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda. terimakasih

By: Ombung Panoejoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar